Pelatihan Kader Kesehatan Reproduksi Qaryah Thayyibah 'Aisyiyah Pangkep - Perempuan Pangkep

Hot

Post Top Ad

Jumat, 18 November 2016

Pelatihan Kader Kesehatan Reproduksi Qaryah Thayyibah 'Aisyiyah Pangkep

Kesehatan Reproduksi merupakan issu utama yang diangkat oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep melalui Pelatihan Kepemimpinan Kader Qaryah Tayyibah yang dilaksanakan di Gedung Dakwah Khaerunnisa ‘Aisyiyah, Sabtu (19/11).

Pelatihan ini digelar dalam rangka menguatkan kepemimpinan puluhan kader ‘Aisyiyah Pangkep serta dua Kabupaten lainnya yang turut hadir dalam kegiatan ini yakni Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Barru dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pare-Pare.




Adapun tujuan yang diangkat dalam pelatihan ini adalah meningkatkan kepemimpinan, pemahaman, pengetahuan serta skill kader ‘Aisyiyah dalam mendampingi serta terus mendorong akses pelayanan kespro di tingkat komunitas dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep. Hal ini dikemukakan oleh Khusnul Hidayah selaku trainer dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah

“pemimpin perempuan di komunitas belum menganggap penting masalah kesehatan reproduksi, padahal kepemimpinan kuat yang dimiliki local leader akan mendorong meningkatnya akses perempuan pada layanan kesehatan reproduksi di tingkat komunitas” Ujar khusnul Hidayah

“Selain itu Local leader perempuan melalui pengorganisasian di komunitas seperti Qaryah Tayyibah diharapkan dapat berjejaring dengan berbagai pemangku kepentingan, dapat memperjuangkan pemenuhan akses perempuan terhadap layanan kesehatan reproduksi serta berbagai keputusan publik yang menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup perempuan” Tambah Khusnul. 


Selain itu Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep Sri Hajati Fachrul menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan scalling-up salah satu program yang dikelola oleh ‘Aisyiyah Pangkep yakni Program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia Untuk Penanggulangan Kemiskinan) melalui issu kesehatan reproduksi.



“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Program MAMPU ‘Aisyiyah yang diamanahkan oleh PPA, ada 3 daerah pelaksana di Sulsel Bantaeng, Takalar dan juga Pangkep selama 3 tahun terakhir, dan training hari ini sebagai bentuk pengembangan daerah sasaran MAMPU menggelar training QT ini melibatkan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Barru dan Kota Pare-Pare yang juga diharapkan lebih banyak mengjangkau kaum perempuan untuk dicerahkan kesehatan reproduksinya” Tutup Sri Hajati.



Pelatihan Kader Kepemimpinan Qaryah Thayyibah merupakan gerakan ‘Aisyiyah untuk memperkuat dakwah ‘Aisyiyah di masyarakat. Salah satunya dilakukan melalui pendekatan kesehatan reproduksiserta peningkatan kapasitas bagi kader ‘Aisyiyah terkait kesehatan reproduksi maupun kepemimpinan perempuan sebagai salah satu strategi penting dalam pelaksanaan Qarya Tayyibah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad