Lihat aksi Mahasiswi Cantik Asal Sydney Ini Membuat Tas di BSA Bonto Puca Biraeng - Perempuan Pangkep

Hot

Post Top Ad

Rabu, 20 Juli 2016

Lihat aksi Mahasiswi Cantik Asal Sydney Ini Membuat Tas di BSA Bonto Puca Biraeng


Kampung Bonto Puca Kelurahan Biraeng  ramai tak seperti biasanya tepatnya di salah satu komunitas binaan ‘Aisyiyah Pangkep, pasalnya komunitas Balai Sakinah ‘Aisyiyah yang berdiri sejak tahun 2014 yang lalu dikunjungi oleh salah seorang mahasisiwi cantik dari Universitas Mahasiswi Sydney, Jasmine Jaffar, Rabu (20/7).

Kunjungan mahasiswi ini dalam rangka melakukan penelitian terhadap kemajuan kaum perempuan di Kabupaten Pangkep yang telah dibina oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep sebagai salah satu NGO perempuan yang mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan pemerintah Australia melalui salah satu program yang di kenal dengan MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan).
Saat bertemu dan melihat aktifitas puluhan ibu-ibu di Komunitas yang sedang sibuk membuat berbagai product seperti bros muslimah, tempat tissu dengan kain panel serta mengolah bahan bekas minuman plastik yang biasanya hanya dibuang di tempat sampah disulap menjadi tas cantik bernilai ekonomi. Dan pada kesempatan itu pula ia belajar bagaimana membuat beberapa product tersebut dibantu oleh ibu-ibu yang sudah berpengalaman.


Ditanya saat membuat bahan tas plastika tersebut, mahasiswi jurusan bisnis Universitas Sydney ini mengungkapkan senangnya belajar membuat tas cantik tersebut.

“Saya senang melihat kegiatan ibu-ibu di BSA Bonto Puca ini karna begitu kreatif mengolah sampah minuman plastik menjadi tas yang cantik dan berbagai product yang bisa digunakan di rumah seperti tempat minuman ini” Ujar Jasmine Jaffar sambil memperlihatkan tatakan gelas minuman yang dibuat oleh ibu-ibu Komunitas BSA Bonto Puca

“Saya akan membawa tas cantik ini untuk Ibuku sebagai oleh-oleh khas Balai Sakinah ‘Aisyiyah Bonto Puca Biraeng. Dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya” Tambah Jasmine dengan bahasa inggris yang dibantu ditranslate oleh Rya putri pengurus Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep.

Pada kesempatan kunjungan ini pula, Jasmine menanyakan kepada salah seorang anggota komunitas BSA Bonto Puca Ibu Erna yang menjadi pelatih utama untuk puluhan ibu-ibu yang merupakan ibu rumah tangga tentang bagaimana komunitas ini mengembangkan product dan menjualnya ke pasaran.


“Saya melatih ibu-ibu ini hingga mampu secara mandiri membuat aneka product ini, sehingga di rumah mereka bisa mencoba melakukannya sendiri. Tapi khusus untuk pengembangan pemasaran product karya ibu-ibu di komunitas ini kadang kami titip di Kedai ‘Aisyiyah di Kabupaten, mengikuti pameran yang dilaksanakan baik oleh ‘Aisyiyah maupun pemerintah, selebihnya kami jual secara online melalui facebook, instagram dan youtube” Tutur Erna

Akhir kunjungan mahasiswi sydney ini, Jasmine Jaffar menyampaikan kekagumannya akan semangat belajar seluruh anggota komunitas BSA Bonto Puca dengan dukungan penuh oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep.

“Saat akan menceritakan ini pada teman-teman, dosen dan kedua orangtua saya, bahwa kelompok perempuan disini luar biasa” Tutup Jasmine. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad