Dinkes Pangkep gandeng BPJS Gelar Bulan Bakti Pemeriksaan IVA/Papsmear di Sejumlah Puskesmas. - Perempuan Pangkep

Hot

Post Top Ad

Jumat, 29 Juli 2016

Dinkes Pangkep gandeng BPJS Gelar Bulan Bakti Pemeriksaan IVA/Papsmear di Sejumlah Puskesmas.

Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan nampak ramai dengan kunjungan sejumlah ibu-ibu yang sedang mengikuti penyuluhan tentang pencegahan sejak dini Kanker Mulut Rahim atau kanker serviks. Hal ini pula yang terlihat di Puskesmas Labakkang dan Puskesmas Minasatene, Jum’at (29/7).

Dalam sesi penyuluhannya di tengah puluhan ibu-ibu Pasangan Usia Subur (PUS) Dokter Afrida Noor Komalasari selaku dokter Puskesmas Labakkang mengungkapkan bahwa kanker leher rahim adalah salah satu kanker pembunuh bagi kaum perempuan sehingga penting bagi perempuan usia subur khususnya yang sudah menikah dan telah aktif melakukan hubungan seksual melakukan pemeriksaan sejak dini melalui tes IVA/Papsmear sebagai upaya dini mencegah kanker mematikan ini.


“Kanker  leher rahim atau biasa juga disebut Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia termasuk di Indonesia” Tutur Afrida
“Maka dari itu tujuan program penyuluhan atau sosialisasi ini adalah untuk mengajak seluruh ibu-ibu mengenali gejalanya sejak dini dengan melakukan pemeriksaan IVA yang sudah tersedia di Puskesmas Labakkang di Poli Kespro. Beberapa ciri kanker ini seperti keputihan secara berlebihan dan merasakan sakit atau pendarahan saat berhubungan seksual adalah gejala yang harus diketahui sejak awal, dengan mengetahui sejak dini kondisi ini maka akan mudah pula melakukan pengobatan lanjutan. Selain itu kegiatan ini sebagai upaya promotif-preventif kami dalam upaya mencegah” Sambung dokter cantik ini.
Ditanya terkait kendala mengajak ibu-ibu melakukan pemeriksaan IVA dokter Afrida mengaku masalah tabu dan tak adanya izin suami menjadi alasan sejumlah ibu-ibu untuk tidak melakukan tes IVA di Puskesmas, sehingga kegiatan penyuluhan ini menjadi salah satu program Puskesmas yang paling sering dilakukan dilapangan dengan mengunjungi para Ibu-ibu seperti dalam kegiatan Posyandu.
Ditemui usai penyuluhan tentang kanker serviks, dua orang ibu yang turut hadir mendengar penyuluhan di Puskesmas Labakkang yakni Marni (29) mengungkapkan bahwa dirinya sudah pernah melakukan pemeriksaan IVA di Posyandu yang dilakukan oleh Bidan Puskesmas sebelum puasa ramadhan yang lalu setelah sebelumnya juga turut mengikuti penyuluhan serupa bersama sekelompok ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan Posyandu.
“Sudah pernahma ikut pemeriksaan IVA di Posyandu dengan beberapa ibu lainnya, kata Bidannya Alhamdulillah bagusji dan tidak ada luka atau gejala lainnya yang berdampak pada Kanker Serviks.” Tutur Marni sumringah
Hal ini juga diungkapkan oleh Ibu Nurlina (41) yang juga mengikuti penyuluhan Kanker Serviks ini yang bercerita tentang pengalamannya untuk pertama kali melakukan pemeriksaan IVA. Menurutnya ia sempat malu melakukan pemeriksaan tapi setelah mendengar dokter tentang bahaya kanker serviks ini maka ia memberanikan diri untuk tes IVA dan dinyatakan negatif.
“Saya sempat malu mengikuti pemeriksaan IVA, tapi setelah Dokter jelaskan bahaya kanker serviks ini, akhirnya saya beranikan diri. Dan hari ini saya ajak puluhan ibu-ibu lainnya untuk hadir mendengar penyuluhan kanker mulut rahim ini untuk dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA bagi yang belum pernah melakukan pemeriksaan” Tutup Nurlina sambil meminta ibu-ibu lainnya bergerak ke ruang pemeriksaan.
Selain Puskesmas Labakkang, Puskesmas lainnya yang juga concern melakukan pemeriksaan IVA dan Papsmear adalah Puskesmas Minasatene.
Ditemui dalam aktifitasnya melayani puluhan Ibu-ibu yang begitu antusias datang memeriksakan dirinya di Puskesmas membuat Bidan Motivator ‘Aisyiyah Hendriyani Syam atau lebih akrab di sapa Bidan Indri mengungkapkan bahwa dalam rangka bulan bakti ini Dinas Kesehatan dan BPJS Pangkep melaksanakan kegiatan promotif-preventif Pemeriksaan IVA/Papsmear di Puskesmas.
“Hari ini sekitar lima puluh ibu-ibu yang datang melakukan pemeriksaan IVA, sebahagian besar adalah anggota komunitas binaan kami di Balai Sakinah ‘Aisyiyah yang sudah sering mengikuti penyuluhan Kespro tentang Kanker Serviks dengan bantuan para kader-kader yang aktif memotivasi ibu-ibu untuk tes IVA” Tutup Indri.
Kanker Serviks adalah salah satu kanker yang paling mematikan kaum perempuan yang juga menjadi salah satu issu pendampingan oleh Organisasi Perempuan Islam ‘Aisyiyah Pangkep bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep sejak tahun 2014 yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad