Gerakan Dakwah Muhammadiyah-‘Aisyiyah Pangkep Menggema hingga Pegunungan Tondong Tallasa - Perempuan Pangkep

Hot

Post Top Ad

Selasa, 21 Juni 2016

Gerakan Dakwah Muhammadiyah-‘Aisyiyah Pangkep Menggema hingga Pegunungan Tondong Tallasa



Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Pangkep, Ahad (19/6) kompak melaksanakan safari ramadhan melebarkan dakwah hingga pegunungan. Adapun yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan safari ramadhan ini adalah Kecamatan Tondong Tallasa tepatnya di Desa Tondong Kura yang difasilitasi oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat dengan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan seperti buka puasa bersama, sosialisasi pembentukan cabang dan ranting Muhammadiyah serta ‘Aisyiyah hingga sholat taraweh secara bersama di beberapa mesjid dengan menyebar para Muballigath Muhammadiyah.
Suasana Silaturohim Pengurus PDM dengan Tokoh Masyarakat Desa Tondong Kura
Dalam sambutannya ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah H. A. Abdul Muis AE mengungkapkan bahwa Pimpinan Daerah Muhammadiyah dengan dakwah amar makruf nahi mungkarnya ini dengan kepengurusan yang baru dilantik ini diharapkan dapat melebarkan dakwah tidak lagi hanya di daratan melainkan kedepannya bisa menyentuh hingga ke pelosok-pelosok desa baik di Pegunungan maupun kepulauan dan sebagai langkah awal di mulai dari desa Tondong Kura ini.

“Alhamdulillah dengan dukungan para tokoh masyarakat di desa Tondong Kura yang sudah tidak asing lagi dengan dakwah Muhammadiyah akhirnya kami baik pengurus Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah dapat bersilaturohim dengan masyarakat desa menggelar buka puasa bersama hingga kegiatan shalat taraweh berjamaah nanti. Semoga pertemuan ini dapat menghidupkan Muhammadiyah melalui pembentukan kepengurusan cabang maupun ranting di Kecamatan Tondong Tallasa ini. Jalanan yang luar biasa medannya hingga bisa sampai disini tak jadi penghalang ketika melihat semangat dan antusias para masyarakat Desa Tondong Kura yang sengaja mengundang khusus kami tepatnya di kediaman Bapak Muhammad Saleh” Ujar Abdul Muis ditengah-tengan masyarakat Desa Tondong Kura.

“Selain itu, kehadiran para Mubaligath Muhammadiyah yang baru saja pulang mengikuti pengajian ramadhan dan mendapatkan suntikan semangat dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bapak Haedar Nasir di Pare-Pare pun tak menghalangi semangat kami untuk bertemu dan memperkenalkan Muhammadiyah lebih dekat dengan masyarakat desa pegunungan ini” Sambung Andi Muis yang juga mantan Anggota DPRD Pangkep tahun 2004 yang lalu.

Selain Pimpinan Daerah Muhammadiyah, ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep Dra. Sri Hajati Fachrul Islam yang juga turut hadir dalam kegiatan safari ramadhan ini pun menyampaikan bahwa selain Muhammadiyah yang berdakwah melibatkan para kaum Bapak, maka kaum ibu pun memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam memajukan kaum perempuan di desa melalui kepengurusan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah sebagaimana tauladan pergerakan Muhammadiyah yakni K.H. Ahmad Dahlan dan Nyai Walidah Dahlan sepasang suami istri yang kompak mengabdikan dirinya untuk mencerahkan ummat melalui gerakan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.
 
Suasana Sosialisasi Pembentukan Pengurus Cabang dan Ranting dengan Ibu-Ibu Desa Tondong Kura Kecamatan Tondong Tallasa
“Bulan ramadhan kali ini menjadi sebuah kesyukuran bagi ‘Aisyiyah Pangkep karna berkesempatan bertemu dengan ibu-ibu di desa Tondong Kura. Sama dengan Muhammadiyah, ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan Islamnya Muhammadiyah yang bidang kerjanya terbagi dalam beberapa majelis seperti Dikdasmen, Hukum dan Ham, Tabligh, Kader, Kesos, Kesehatan, Kebudayaan hingga pengembangan dan penelitian yang semuanya bertujuan untuk memajukan kaum perempuan di berbagai bidang kehidupan” Ujar Sri Hajati.
“Salah satu upaya untuk memajukan pergerakan Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah sesungguhnya diawali di tingkat ranting atau desa seperti sekarang ini sehingga harapan kami semua pengurus Daerah yang sempat hadir adalah dapat segera memfasilitasi pembentukan kepengurusan ranting hingga cabang yang akan di SK-kan dan kedepannya komunikasi untuk menindaklanjuti kepengurusan yang sudah terbentuk ini meski secara jarak cukup jauh dari Kabupaten dengan medan yang begitu berat semoga tidak menyurutkan semangat seluruh pengurus untuk konsisten menghidupkan dan menggembirakan dakwah ‘Aisyiyah di Desa Tondong kura ini” Tutup Sri Hajati. 
Kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan terobosan kepengurusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah Pangkep pasca dilantik sebulan yang lalu di Gedung Bundar Rujab Bupati Pangkajene dan Kepulauan dengan komitmen seluruh pengurus untuk melebarkan sayap dakwah hingga menjangkau berbagai desa/kelurahan yang tersebar di daratan, pegunungan dan kepulauan sebagai upaya mencerahkan ummat di Kabupaten yang dikenal tiga dimensi dan sempat merintis Kabupaten Pangkep sebagai Kabupaten Unggul, Maju, Mandiri dan Religius di era kepemimpinan almarhum Bupati Syafruddin Nur, M.Si.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad